7 tips hemat biaya nikahmu

23.35


Pesta pernikahan dengan berbagai harapan dan impian akan selalu menjadi moment yang di tunggu. Namun terkadang semua terhambat oleh masalah pendanaan. Lalu bagaimana kita mengatasi keterbatasan dana dalam mengadakan pesta pernikahan?

Berikut ivowedding menyajikan beberapa tips pesta pernikahan dengan budget yang minim :

Perhatikan Budget yang anda dan pasangan miliki agar pernikahan tetap berkesan, meski dengan dana yang minim. Anda dan pasangan bisa tetap tampil sempurna di hari pernikahan nanti.

1. Ubah mindsetmu
Bentuk mindset bahwa pesta pernikahan bukan yang utama dari tujuan kalian. Yang terpenting adalah kehidupan setelah pesta pernikahan. Cobalah berpikir bahwa, setelah menyelenggarakan pesta pernikahan, masih ada hari esok untuk kehidupan anda berdua. Jangan pernah minder hanya karena pesta pernikahan sederhana dan minimalis.

2. Cincin kawin tak harus emas
Ketika memilih cincin kawin kamu gak harus dengan bahan emas, karena saat ini ada cincin kawin dengan bahan palladium yang harga nya jauh lebih hemat. Lagipula cincin palladium tidak ada larangan untuk penggunaan pria.

3. Pilih kerabat terdekat
Menentukan jumlah tamu yang akan diundang se-selektif mungkin. Jumlah undangan ini nantinya akan berkaitan erat dengan keseluruhan penyelenggaraan acara mulai dari penentuan lokasi hingga jumlah konsumsi yang dibutuhkan.

4. Pintar memilih souvenir dan undangan
Selektif dalam memesan souvenir dan undangan. Untuk pemesanan souvenir lakukan jauh – jauh hari sebelum hari pernikahan,selain anda memiliki banyak waktu untuk melakukan survei anda juga tidak kena charge biaya tambahan untuk pemesanan yang terlalu dekat dengan deadline.

5. Seseuaikan jumlah tamu dengan menu makanan
Selektif dalam memilih dan menentukan menu makanan. Tidak perlu mewah asalkan mencukupi sejumlah tamu undangan. Untuk lebih memudahkan bisa memilih menggunakan jasa catering. Tetapi tetap tidak melupakan proses survei dan seleksi agar mendapat menu yang memuaskan dengan biaya yang tidak memberatkan. Untuk perbandingan biasanya 1:2 dengan jumlah undangan yang disebar,misal jumlah undangan yang dibagikan 200 maka kita harus menyediakan minimal 400 porsi makanan.

6. Sewa seragam panitia
Seragam Panitia dan Keluarga. Bila ingin menggunakan seragam panita dan keluarga pastikan survei dan selektiflah dalam memilih bahan serta jasa penjahit yang digunakan. Untuk jasa penjahit bisa menerapkan sistem konveksi/borongan untuk mendapatkan harga khusus yang biasanya jauh lebih murah. Atau untuk menghemat budget anda seragam panitia bisa anda sewa

7. Baju pengantin sewa pun tak apa
Bijak dalam memutuskan akan membeli atau menyewa baju pengantin. Untuk menghemat pengeluaran bisa dipertimbangkan untuk menyewa baju pengantin di jasa persewaan. Selain untuk penghematan biaya juga untuk mempertimbangkan fungsi dari baju pengantin itu nantinya. Seringkali pembuatan baju pengantin disertai dengan budget besar padahal baju itu hanya dapat digunakan saat pernikahan saja dan tidak dapat digunakan pada kesempatan lainnya.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts